Rabu, 24 Juli 2013

Kakumeiki Valvrave ~ Season 1 (2013) - 12 Episode


Kakumeiki Valvrave, anime ini berlatar pada tahun 71 True Calendar. Kebanyakan manusia di zaman ini sudah bertempat tinggal di luar angkasa yang disebut dengan Modul. Dunia dikuasai oleh 2 negara yang sama kuat yaitu Dorssia Military Federation dan ARUS (Atlantic Rim United States), selain itu ada negara yang disebut JIOR yang sejatinya mereka adalah pihak yang netral dan menjaga perdamaian.

Menceritakan tentang seorang pelajar SMA Sakimori bernama Haruto Tokushima (disuarakan oleh Ryota Osaka) yaitu seorang yang tidak suka berkompetisi, dan malah lebih suka menghindarinya, bahkan setelah dipukul oleh L-Elf (disuarakan oleh Ryohei Kimura) seorang siswa pindahan, dia tidak membalasnya.
Di sisi lain dia menyukai seorang siswi yang bernama Shoko Sashinami (disuarakan oleh Asami Seto), dia telah lama memendam perasaannya dan tidak pernah berani menyatakannya. Pada suatu ketika Haruto ingin mengutarakan perasaannya kepada Shoko, Dorssia malah tiba-tiba menyerang JIOR.
SMA Sakimori pun terlibat dalam sebuah perang, dalam hiruk pikuk keributan itu Haruto menemukan sebuah mecha bernama Valvrave I.
Kenekatannya mengendarai Valvrave ternyata berbuntut panjang, dia kehilangan sisi kemanusiannya alias dia bukan seorang manusia lagi. Di saat yang sama ternyata L-Elf telah menyusup untuk merebut Valvrave, dan terjadilah perkelahiannya dengan Haruto.
Malang nasib Haruto, dia seketika tergeletak ketika ditusuk oleh L-Elf. Namun keadaan berbalik, Haruto tiba-tiba bangkit dan menggigit L-Elf. Seketika itu juga jiwa mereka bertukar.
Dengan menggunakan tubuh L-Elf, Haruto menyerang pasukan Dorssia sendirian. Berkat keadaan tersebut L-Elf sekarang dianggap sebagai seorang pengkhianat.

Anime ini adalah anime mecha pertama yang gw tonton sampe tamat, beda dengan sebelumnya gw nonton Gundam, Gurren Lagann dsb drop dalam beberapa episode.
Ceritanya menarik banget untuk diikuti, walaupun ada keserempet ke unsur sinetron dikit karena beberapa bagian cerita berfokus ke kisah dilema percintaan Haruto.
Unsur yang membuat gw suka banget dgn anime satu ini yaitu desain mecha-nya yang super duper wuupperr keren abis. Malah menurut gw lebih ajib daripada Gundam.

Fanservice yang selalu datang tak terduga juga menjadi bagian yang menarik.
Cuma kalo gw mau ngasih pendapat negatif sedikit yaitu kurang dominannya keberadaan tokoh utama, gw malah jauh lebih suka dengan karakter L-Elf. L-Elf adalah seorang karakter yang hampir sempurna bahkan tidak pernah kalah dalam apapun, karena dia memiliki keakuratan tinggi dalam memprediksi sesuatu.

Kisah percintaan Haruto mungkin hanya polesan pemberi rasa dalam anime ini, menurut gw malah tidak terlalu penting dan menarik, cuma paling tidak agar membuat anime ini tidak monoton. Ending yang disajikan cukup amazing, penempatan twist yang sangat mengesankan membuat kita menantikan season 2 nya yang bakal tayang Oktober nanti.

Nilai 4/5

2 komentar: