Senin, 08 Juli 2013

Gantz Live Action (2010)



Diadaptasi dari manga dan anime yang berjudul sama, "Gantz". Garapan sutradara Shinsuke Sato yang diputar tahun 2010 ini ceritanya tidak jauh berbeda. Bercerita tentang Kurono Kei (Kazunari Ninomiya) dan Masaru Kato (Kenichi Matsuyama (L-Death Note)) yang diberi kesempatan hidup untuk kedua kalinya.Tetapi malang nasib, dia dihidupkan kembali hanya untuk bertarung melawan dan membunuh alien atas perintah bola hitam yang disebut Gantz.

Sinopsis baca disini.

Satu2 nya ekpektasi gw terhadap film ini adalah minimal bisa sebagus manga atau animenya kalau bisa lebih. Ternyata apa, hanya harapan hampa aja sampai detik terakhir dari film ini. Sungguh mengecewakan dikarenakan akting yang sangat buruk hingga plothole yang dibiarkan menganga lebar. Memang susah mengadaptasi 26 episode anime kedalam sebuah film berdurasi kurang lebih 2 jam ini. Tapi gw bukan termasuk orang yang bisa memberikan toleransi kalau sudah ber ekspektasi tinggi.

Memberikan kesan berbeda dari manga dan animenya malah menambah daftar kelumpuhan dari film ini. Alien yang muncul memang lebih ngeri disini. Tapi unsur gore yang dimunculkan malah hampir tidak ada sama sekali, seakan bermain aman. Padahal soul dalam cerita Gantz adalah unsur gore yang sangat meraja lela. Satu2nya menurut gw yang berakting bagus disini cuma Kenichi Matsuyama, walaupun karakternya tidak di eksplor habis2an tetapi kualitasnya jauh lebih baik daripada pemain lainnya. Kehadiran Kishimoto (Natsuna) tidak terlalu menarik buat gw, mungkin memang dari penampilannya yang kurang catchy, berbeda dengan Tae Kojima (Yuriko Yoshitaka) yang kemunculannya cuma diberi porsi sedikit, tapi gw suka dengan aktris yang satu ini
Chemistry yang dibangun antar pemain juga gak kalah buruk. Ini kekurangan yang gw anggap sangat paten di film ini. Betapa tidak, kematian salah satu karakter di film ini tidak menghasilkan kesan apa-apa. Bak pasir yang disapu ombak, gak berbekas. Action nya juga sangat payah, selain diberi porsi sedikit juga eksekusinya terkesan kekanak-kanakan.


Nilai lebih dalam film ini adalah konsep Sci-Fi nya. Baju dan senjata "ajaib" dari bola hitam yang sangat gw idam2kan untuk melihat versi nyatanya. Mungkin penilaian gw terhadap film ini akan jadi berbeda jika gw belum pernah membaca manga dan menonton anime nya.

Nilai 1,5/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar