Sabtu, 29 Juni 2013

Gantz (2004) - 26 episode


Kehidupan setelah mati? Mungkin tak pernah terlintas di pikiran gw bagaimana jadinya. Tapi inilah konsep yang disokong anime jebolan 2004 ini. Ya, tebilang jadul sih untuk anime yang sudah tamat.
Jujur gw tertarik dengan Gantz pertama kali ketika membaca manganya. Yang gw lihat di manganya yang gw baca random saja, adalah sekumpulan orang-orang memakai baju hitam ketat layaknya sedang cosplay ,serta memegang senjata yang sangat catchy bentuknya dan tidak pernah gw lihat dimanapun.

Diangkat dari manga yang berjudul sama, anime ini bercerita tentang Kurono Kei seorang pelajar yang terkenal mesum, egois, dan sering merendahkan orang lain yang mati akibat menyelamatkan gelandangan yang terjatuh di sebuah rel kereta api bawah tanah. Sebenarnya dia cuek-cuek bebek saja ketika melihat gelandangan itu terjatuh akibat mabuk berat, tetapi di saat yang sama dia tak sengaja melihat teman masa kecilnya Kato Masaru yang tanpa berpikir panjang langsung melompat ke rel tersebut.

Kato yang sadar kalau ada Kurono disana, lantas saja meneriakinya untuk meminta bantuan menyelamatkan gelandangan tersebut. Terkejut karena Kato menyadari keberadaannya, Kurono awalnya hanya pura-pura tidak mendengar. Tetapi, akibat puluhan orang yang berada di stasiun tersebut menatap tajam kearahnya sontak saja seakan memaksa tubuhnya untuk bergerak turun ke rel tersebut walaupun pikirannya menolak keras untuk melakukannya. Gelandangan tersebut berhasil diselamatkan, akan tetapi Kurono dan Kato mempunyai garis nasib yang berbeda. Mereka tewas ditempat akibat dilindas kereta yang melaju dengan cepatnya.

Tetapi, apa yang terjadi? .Mereka tiba disebuah ruangan kecil dengan bola hitam besar dihadapan mereka. Bukan mereka saja ada ditempat tersebut, ada 6 orang serta seekor anjing yang sudah tiba lebih dahulu. Ternyata mereka juga orang-orang yang kembali dihidupkan oleh bola hitam tersebut untuk diberikan kesempatan hidup sekali lagi.

Tentu saja cerita tidak berjalan mulus, ternyata bola hitam tersebut mempunyai tujuan khusus. Orang-orang yang dihidupkan kembali dipaksa untuk bertarung membunuh alien yang dia perintahkan. Dibekali baju khusus dan berbagai macam  persenjataan, pertarungan dengan alien pun dimulai.

Di awal-awalnya gw merasa ini cuma anime seru berbasis Sci-fi yang bakal memanjakan kita dengan pertarungan-pertarungan yang membahana. Tetapi bukan cuma itu aja ternyata. Disini kita bisa melihat bagaimana orang-orang yang berbeda watak disatukan untuk bekerja sama. Gw sangat menikmati trasformasi karakter Kurono yang awalnya egois dan memikirkan diri sendiri perlahan-lahan berubah menjadi orang yang sangat peduli dengan orang-orang disekitarnya.
Tentu saja drama yang dibangun dalam anime ini sangat rumit, dan sisi itulah yang membuat gw sangat jatuh cinta terhadap anime ini.
Gore yang disajikan sangatlah banyak, otak berhamburan, usus berhamburan serta potongan-potongan tubuh yang terjadi di dalam pertarungan. Tetapi sayang, karna produksi yang terbilang jadul, gore yang disajikan tidak berkesan apa2 bagi gw karena artworknya yang terbilang lemah ketimbang manganya.

Yang membuat gw terkejut juga adalah adanya perbedaan jalan cerita dengan manganya, ada beberapa bagian yang terkesan lebih di eksplor dan sebagian memang diubah. Jujur saja, ending anime ini amat sangat mengecewakan, perasaan gw langsung drop begitu saja ketika melihat detik2 episode terakhirnya. Akan tetapi itu tidak merubah selera dan sudut pandang gw secara keseluruhan karena pesan moral yang bisa dipetik dalam anime ini sangatlah banyak. Seperti kepedulian, sosok pahlawan, hingga rela berkorban.


Nilai 3/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar